Jumat, 10 Maret 2023

KD 1 www.tablesgenerator.com


























































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































No Kompetensi Kelas Semester Kode Kompetensi   Dasar Ringkasan   Deskripsi
1 Pengetahuan I 1 3.1 Menjelaskan   kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara   mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata   dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika   membaca buku) dengan cara yang benar Menjelaskan   kegiatan persiapan membaca permulaan
2 Pengetahuan I 1 3.1 Menjelaskan   kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara   mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata   dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika   membaca buku) dengan cara yang benar. Menjelaskan   persiapan membaca permulaan dengan benar
3 Pengetahuan I 1 3.10 Menguraikan   kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam   bahasa Indonesia atau bahasa daerah Menguraikan   kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar
4 Pengetahuan I 1 3.2 Mengemukakan   kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara   menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku,   pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan Mengemukakan   kegiatan persiapan menulis permulaan
5 Pengetahuan I 1 3.2 Mengemukakan   kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara   menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku,   pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan. Mengemukakan   persiapan menulis permulaan secara lisan
6 Pengetahuan I 1 3.3 Menguraikan   lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa   daerah. Menguraikan   lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata
7 Pengetahuan I 1 3.3 Menguraikan   lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa   daerahatau bahasa daerah Menguraikan   lambang bunyi vokal dan konsonan
8 Pengetahuan I 1 3.4 Menentukan   kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks   pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan   eksplorasi lingkungan Menentukan   kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra
9 Pengetahuan I 1 3.9 Merinci   kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat   tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa   Daerah Merinci   kosakata dan ungkapan perkenalan
10 Keterampilan I 1 4.1 Mempraktikkan   kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata   dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari   kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar Mempraktikkan   kegiatan persiapan membaca permulaan
11 Keterampilan I 1 4.1 Mempraktikkan   kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata   dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari   kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar. Mempraktikan   persiapan membaca permulaan dengan benar
12 Keterampilan I 1 4.10 Menggunakan   kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan   menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga Menggunakan   kosakata yang tepat dalam percakapan
13 Keterampilan I 1 4.2 Mempraktikkan   kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara   meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-   kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di   udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar,   membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk   gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar. Mempraktikkan   kegiatan persiapan menulis permulaan
14 Keterampilan I 1 4.2 Mempraktikkan   kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara   meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah,   kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di   udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar,   membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk   gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar Mempraktikkan   kegiatan persiapan menulis permulaan
15 Keterampilan I 1 4.3 Melafalkan   bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah Melafalkan   bunyi vokal dan konsonan
16 Keterampilan I 1 4.3 Melafalkan   bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Melafalkan   bunyi vokal, konsonan dalam kata bahasa indonesia
17 Keterampilan I 1 4.4 Menyampaikan   penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera   serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan   bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis Menyampaikan   penjelasan tentang anggota tubuh dan panca indera
18 Keterampilan I 1 4.9 Menggunakan   kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan   orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan   tulis Menggunakan   kosakata dan ungkapan yang tepat
19 Pengetahuan I 2 3.11 Mencermati   puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada   orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan   untuk kesenangan Mencermati   puisi anak/syair lagu
20 Pengetahuan I 2 3.4 Menentukan   kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks   pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan   eksplorasi lingkungan. Menentukan   kosakata anggota tubuh,pancaindra dan merawatnya
21 Pengetahuan I 2 3.5 Merinci   ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian   pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang   dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. Merinci   ungkapan terima kasih,permintaan maaf,tolong,pujian
22 Pengetahuan I 2 3.5 Mengenal   kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa   gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan Mengenal   kosakata tentang cara memelihara kesehatan
23 Pengetahuan I 2 3.6 Menguraikan   kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks   pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)   dan/atau eksplorasi lingkungan Menguraikan   kosakata tentang berbagai jenis benda
24 Pengetahuan I 2 3.6 Merinci   kosakata dan ungkapan perkenalan diri dan keluarga secara lisan dan tulis   yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. Merinci   kosakata,ungkapan perkenalan diri, secara lisan
25 Pengetahuan I 2 3.7 Menentukan   kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek   (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan. Menentukan   kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
26 Pengetahuan I 2 3.8 Merinci   ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian   pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain   dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat   dibantu dengan kosakata bahasa daerah Merinci   ungkapan penyampaian dan petunjuk kepada orang lain
27 Keterampilan I 2 4.11 Melisankan   puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat   kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan   diri Melisankan   puisi anak atau syair lagu
28 Keterampilan I 2 4.4 Menyampaikan   penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan pancaindra   serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan   bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis. Menyampaikan   penjelasan anggota tubuh pancaindra, merawatnya
29 Keterampilan I 2 4.5 Mempraktikkan   ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan   menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis. Mempraktikkan   ungkapan terima kasih, maaf, tolong dan pujian
30 Keterampilan I 2 4.5 Mengemukakan   penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa   Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah Mengemukakan   penjelasan tentang cara memelihara kesehatan
31 Keterampilan I 2 4.6 Menggunakan   kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa   daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis   sederhana Menggunakan   kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat
32 Keterampilan I 2 4.6 Menggunakan   kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri dan keluarga secara   sederhana dalam bentuk lisan dan tulis. Menggunakan   kosakata,ungkapan untuk perkenalan diri,keluarga
33 Keterampilan I 2 4.7 Menyampaikan   penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah   mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar Menyampaikan   penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia
34 Keterampilan I 2 4.8 Mempraktikan   ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan   menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis Mempraktikan   ungkapan menggunakan bahasa yang santun
35 Pengetahuan II 1 3.1 Memahami   ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau   lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun. Memahami   ungkapan ajakan,perintah,penolakan pada teks cerita
36 Pengetahuan II 1 3.1 Merinci   ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau   lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun Merinci   ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
37 Pengetahuan II 1 3.2 Menguraikan   kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya   dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,   dan/atau eksplorasi lingkungan. Menguraikan   kosakata dan konsep tentang keragaman benda
38 Pengetahuan II 1 3.2 Memahami   kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di   lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa   Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual. Memahami   kosakata dan konsep lingkungan sehat , tidak sehat
39 Pengetahuan II 1 3.3 Menentukan   kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial   dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah   melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Menentukan   kosakata dan konsep tentang lingkungan
40 Pengetahuan II 1 3.3 Memahami   puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan   lisan. Memahami   puisi anak dalam bahasa melalui teks tulis,lisan
41 Pengetahuan II 1 3.4 Menenetukan   kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di   lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa   Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau   eksplorasi lingkungan Menenetukan   kosakata dan konsep lingkungan sehat dan tidak sehat
42 Keterampilan II 1 4.1 Menirukan   ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan   bahasa yang santun Menirukan   ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
43 Keterampilan II 1 4.1 Menirukan   ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan   bahasa yang santun. Menirukan   ungkapan ajakan,perintah,penolakan dalam cerita
44 Keterampilan II 1 4.2 Menyajikan   penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil   pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan   sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis,   lisan, dan visual. Menyajikan   penggunaan kosakata bentuk teks,lisan dan visual
45 Keterampilan II 1 4.2 Melaporkan   penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil   pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam   bentuk teks tulis, lisan, dan visual Melaporkan   penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat
46 Keterampilan II 1 4.3 Melaporkan   penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil   pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya   di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual Melaporkan   penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat
47 Keterampilan II 1 4.3 Membacakan   teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan   lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. Membacakan   puisi anak dengan lafal,intonasi dan ekspresi
48 Keterampilan II 1 4.4 Menyajikan   penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil   pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan   sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis,   lisan, dan visual Menyajikan   penggunaan kosakata tentang lingkungan
49 Pengetahuan II 2 3.10 Mencermati   penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda   titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar Mencermati   penggunaan huruf kapital, tanda titik dan tanda tanya
50 Pengetahuan II 2 3.4 Memahami   tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf   kapital(awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda   titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya Memahami   tulisan tegak bersambung pada cerita dan kalimat
51 Pengetahuan II 2 3.5 Memahami   informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks   lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. Memahami   informasi dari dongeng,fabel dari teks lisan,tulis
52 Pengetahuan II 2 3.5 Mencermati   puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan   lisan Mencermati   puisi anak dalam bahasa Indonesia
53 Pengetahuan II 2 3.6 Memahami   penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda   titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar. Memahami   huruf kapital,tanda titik,tanda tanya dalam kalimat
54 Pengetahuan II 2 3.6 Mencermati   ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun   sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia Mencermati   ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks
55 Pengetahuan II 2 3.7 Mencermati   tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf   kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda   titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya Mencermati   tulisan tegak bersambung dalam cerita
56 Pengetahuan II 2 3.8 Menggali   informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks   lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan Menggali   informasi dari fabel tentang sikap hidup rukun
57 Pengetahuan II 2 3.9 Menentukan   kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis Menentukan   kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis
58 Keterampilan II 2 4.10 Menulis   teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang),   serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar Menulis   teks menggunakan huruf kapital, tanda titik dan tanda tanya
59 Keterampilan II 2 4.4 Menulis   dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama   bulan, hari, dan nama diri)serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda   tanya pada kalimat tanya dengan benar. Menulis   tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital
60 Keterampilan II 2 4.5 Menceritakan   kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun   yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri. Menceritakan   kembali teks fabel yang dibaca secara nyaring
61 Keterampilan II 2 4.5 Membacakan   teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan   lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri Membacakan   teks puisi anak tentang alam dan lingkungan
62 Keterampilan II 2 4.6 Menulis   teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang),   serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar. Menulis   teks menggunakan huruf kapital,tanda titik dan tanya
63 Keterampilan II 2 4.6 Menyampaikan   ungkapan- ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup   rukun dalam kemajemukan Menyampaikan   ungkapan- ungkapan santun
64 Keterampilan II 2 4.7 Menulis   dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama   bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda   tanya pada kalimat tanya dengan benar Menulis   dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital
65 Keterampilan II 2 4.8 Menceritakan   kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun   yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri Menceritakan   kembali teks fabel yang menggambarkan sikap hidup rukun
66 Keterampilan II 2 4.9 Menirukan   kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis Menirukan   kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis
67 Pengetahuan III 1 3.1 Mencermati   kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat   hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan   setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau   eksplorasi lingkungan. Mencermati   teks makhluk hidup disajikan lisan, tulis, visual & eksplorasi.
68 Pengetahuan III 1 3.1 Menggali   informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari   yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi   lingkungan Menggali   informasi tentang konsep perubahan wujud benda
69 Pengetahuan III 1 3.10 Mencermati   ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)   dalam teks tulis. Mencermati   ungkapan atau kalimat saran, masukan
70 Pengetahuan III 1 3.4 Mencermati   kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat   hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan   setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau   eksplorasi lingkungan Mencermati   kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan
71 Pengetahuan III 1 3.4 Mengidentifikasi   lambang/simbol rambu lalu lintas beserta artinya dalam teks lisan, tulis,   visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Mengidentifikasi   arti lambang simbol rambu lalu lintas & eksplorasi.
72 Pengetahuan III 1 3.5 Menggali   informasi tentang cara- cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara   dan/atau eksplorasi lingkungan Menggali   informasi tentang cara- cara perawatan tumbuhan dan hewan
73 Pengetahuan III 1 3.5 Mencermati   ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)   dalam teks tulis. Mencermati   kalimat saran, masukan & penyelesaian masalah.
74 Pengetahuan III 1 3.8 Menguraikan   pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan   tujuan untuk kesenangan Menguraikan   pesan dalam dongeng yang disajikan untuk kesenangan
75 Keterampilan III 1 4.1 Menyajikan   laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),   pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat   secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Menyajikan   laporan tertulis makhluk hidup dalam kata efektif
76 Keterampilan III 1 4.1 Menyajikan   hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-   hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan   kalimat efektif Menyajikan   hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda
77 Keterampilan III 1 4.10 Memeragakan   ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)   sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif   yang dibuat sendiri Memeragakan   ungkapan atau kalimat saran, masukan
78 Keterampilan III 1 4.4 Menyajikan   laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),   pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat   secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Menyajikan   laporan tentang konsep makhluk hidup
79 Keterampilan III 1 4.4 Menyajikan   hasil identifikasi tentang lambang/simbol rambu lalu lintas -6- dalam teks   lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. beserta artinya dalam   bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Menyajikan   hasil identifikasi arti simbol rambu lalu lintas melaui tulis, lisan, visual   & eksplorasi.
80 Keterampilan III 1 4.5 Memeragakan   ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)   sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif   yang dibuat sendiri. Memeragakan   kalimat saran, masukan& penyelesaian masalah.
81 Keterampilan III 1 4.5 Menyajikan   hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk   tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Menyajikan   hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan
82 Keterampilan III 1 4.8 Memeragakan   pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku   dan kalimat efektif Memeragakan   pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri
83 Pengetahuan III 2 3.2 Menggali   informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan,   tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan Menggali   informasi tentang sumber dan bentuk energi
84 Pengetahuan III 2 3.2 Menggali   informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara   dan/atau eksplorasi lingkungan. Menggali   informasi tumbuhan & hewan melalui wawancara & eksplorasi.
85 Pengetahuan III 2 3.3 Menguraikan   pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan   tujuan untuk kesenangan. Menguraikan   pesan dalam dongeng untuk tujuan kesenangan
86 Pengetahuan III 2 3.3 Menggali   informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia   yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi   lingkungan Menggali   informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya
87 Pengetahuan III 2 3.6 Mencermati   isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan   transportasi di lingkungan setempat Mencermati   isi teks informasi tentang perkembangan teknologi
88 Pengetahuan III 2 3.7 Mencermati   informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam   denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan Mencermati   informasi tentang konsep delapan arah mata angin
89 Pengetahuan III 2 3.9 Mengidentifi-kasi   lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta   artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan Mengidentifi-kasi   lambang/ simbol beserta artinya
90 Keterampilan III 2 4.2 Menyajikan   hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam   bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Menyajikan   hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi
91 Keterampilan III 2 4.2 Menyajikan   hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk   tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Menyajikan   tulisan & visual hasil wawancara mahluk hidup
92 Keterampilan III 2 4.3 Menyajikan   hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya   terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan   kalimat efektif Menyajikan   hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca
93 Keterampilan III 2 4.3 Memeragakan   pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku   dan kalimat efektif. Memeragakan   pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan.
94 Keterampilan III 2 4.6 Meringkas   informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan   transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku   dan kalimat efektif Meringkas   informasi tentang perkembangan teknologi
95 Keterampilan III 2 4.7 Menjelaskan   konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk   tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Menjelaskan   konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya
96 Keterampilan III 2 4.9 Menyajikan   hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan   lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan   kosakata baku dan kalimat efektif Menyajikan   hasil identifikasi tentang lambang/simbol
97 Pengetahuan IV 1 3.1 Mencermati   gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis,   atau visual. Mencermati   gagasan pokok dan pendukung dari teks
98 Pengetahuan IV 1 3.1 Mencermati   gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis,   atau visual Mencermati   gagasan pokok dan gagasan pendukung
99 Pengetahuan IV 1 3.2 Menggali   informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Menggali   informasi dari seorang tokoh melalui wawancara
100 Pengetahuan IV 1 3.2 Mencermati   keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual Mencermati   keterhubungan antargagasan
101 Pengetahuan IV 1 3.3 Menggali   isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan   untuk kesenangan. Menggali   isi dan amanat puisi yang secara lisan dan tulis
102 Pengetahuan IV 1 3.3 Menggali   informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan Menggali   informasi dari seorang tokoh
103 Pengetahuan IV 1 3.4 Membandingkan   teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda Membandingkan   teks petunjuk penggunaan dua alat
104 Pengetahuan IV 1 3.5 Menguraikan   pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya) Menguraikan   pendapat pribadi tentang isi buku sastra
105 Keterampilan IV 1 4.1 Menata   informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke   dalam kerangka tulisan. Menata   informasi pada teks ke dalam kerangka tulisan
106 Keterampilan IV 1 4.1 Menata   informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke   dalam kerangka tulisan Menata   informasi yang didapat dari teks
107 Keterampilan IV 1 4.2 Menyajikan   hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan Menyajikan   hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan
108 Keterampilan IV 1 4.2 Melaporkan   hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk   teks tulis. Melaporkan   wawancara dengan kalimat efektif secara tertulis
109 Keterampilan IV 1 4.3 Melisankan   puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat   sebagai bentuk ungkapan diri. Melisankan   puisi dengan lafal, intontasi dan ekspresi tepat
110 Keterampilan IV 1 4.3 Melaporkan   hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk   teks tulis Melaporkan   hasil wawancara menggunakan kosakata baku
111 Keterampilan IV 1 4.4 Menyajikan   petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan   kosakata baku dan kalimat efektif Menyajikan   petunjuk penggunaan alat
112 Keterampilan IV 1 4.5 Mengomunikasikan   pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri   secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan Mengomunikasikan   pendapat pribadi tentang isi buku sastra
113 Pengetahuan IV 2 3.10 Membanding-kan   watak setiap tokoh pada teks fiksi Membanding-kan   watak setiap tokoh pada teks fiksi
114 Pengetahuan IV 2 3.4 Menggali   pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. Menggali   pengetahuan pada teks nonfiksi
115 Pengetahuan IV 2 3.5 Mencermati   tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. Mencermati   tokoh yang terdapat pada teks fiksi
116 Pengetahuan IV 2 3.6 Menggali   isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan   untuk kesenangan Menggali   isi dan amanat puisi yang disajikan
117 Pengetahuan IV 2 3.7 Menggali   pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi Menggali   pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
118 Pengetahuan IV 2 3.8 Membandingkan   hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi Membandingkan   hal yang sudah diketahui dengan yang baru
119 Pengetahuan IV 2 3.9 Mencermati   tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi Mencermati   tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
120 Keterampilan IV 2 4.10 Menyajikan   hasil membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis,   dan visual Menyajikan   hasil membandingkan watak setiap tokoh
121 Keterampilan IV 2 4.4 Menyampaikan   pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. Menyampaikan   pengetahuan dari teks nonfiksi secara tertulis
122 Keterampilan IV 2 4.5 Menyampaikan   hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan,   tulis, dan visual. Menyampaikan   identifikasi tokoh pada teks secara lisan
123 Keterampilan IV 2 4.6 Melisankan   puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat   sebagai bentuk ungkapan diri Melisankan   puisi hasil karya pribadi
124 Keterampilan IV 2 4.7 Menyampaikan   pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri Menyampaikan   pengetahuan baru dari teks nonfiksi
125 Keterampilan IV 2 4.8 Menyampaikan   hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis   dengan bahasa sendiri Menyampaikan   hasil membandingkan pengetahuan lama dengan baru
126 Keterampilan IV 2 4.9 Menyampaikan   hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan,   tulis, dan visual Menyampaikan   hasil identifikasi tokoh-tokoh
127 Pengetahuan V 1 3.1 Mengklasifikasi   informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,   mengapa, dan bagaimana. Mengklasifikasi   informasi buku ke dalam aspek kata tanya.
128 Pengetahuan V 1 3.1 Menentukan   pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis Menentukan   pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
129 Pengetahuan V 1 3.2 Mengklasifikasi   informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,   mengapa, dan bagaimana Mengklasifikasi   informasi yang didapat dari buku
130 Pengetahuan V 1 3.2 Meringkas   teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik. Meringkas   teks penjelasan dari media masa.
131 Pengetahuan V 1 3.3 Menganalisis   informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. Menganalisis   informasi paparan iklan dari media masa
132 Pengetahuan V 1 3.4 Menganalisis   informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik Menganalisis   informasi yang disampaikan paparan iklan
133 Pengetahuan V 1 3.6 Menggali   isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan   untuk kesenangan Menggali   isi dan amanat pantun yang disajikan
134 Pengetahuan V 1 3.7 Menguraikan   konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi Menguraikan   konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
135 Keterampilan V 1 4.1 Menyajikan   hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,   tulis, dan visual Menyajikan   hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks
136 Keterampilan V 1 4.1 Menyajikan   hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam   aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan   kosakata baku. Menyajikan   hasil informasi ke dalam aspek kata tanya
137 Keterampilan V 1 4.2 Menyajikan   ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik   dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan   visual. Menyajikan   teks ringkasan penjelasan dari media masa
138 Keterampilan V 1 4.2 Menyajikan   hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam   aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan   kosakata baku Menyajikan   hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku
139 Keterampilan V 1 4.3 Memeragakan   kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau   elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual. Memeragakan   kembali informasi paparan iklan dari media masa
140 Keterampilan V 1 4.4 Memeragakan   kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau   elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual Memeragakan   kembali informasi yang disampaikan paparan iklan
141 Keterampilan V 1 4.6 Melisankan   pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat   sebagai bentuk ungkapan diri Melisankan   pantun hasil karya pribadi
142 Keterampilan V 1 4.7 Menyajikan   konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan   dengan bahasa sendiri Menyajikan   konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
143 Pengetahuan V 2 3.3 Meringkas   teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik Meringkas   teks penjelasan dari media cetak atau elektronik
144 Pengetahuan V 2 3.4 Menggali   isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan   untuk kesenangan. Menggali   pantun yang disajikan secara lisan dan tulis
145 Pengetahuan V 2 3.5 Mencermati   penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun,   kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.). Mencermati   penggunaan kalimat efektif dan ejaan.
146 Pengetahuan V 2 3.5 Menggali   informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan   tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana Menggali   informasi penting dari teks narasi sejarah
147 Pengetahuan V 2 3.8 Menguraikan   urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi Menguraikan   urutan peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi
148 Pengetahuan V 2 3.9 Mencermati   penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun,   kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) Mencermati   penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan
149 Keterampilan V 2 4.3 Menyajikan   ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik   dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan   visual Menyajikan   ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media
150 Keterampilan V 2 4.4 Melisankan   pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat   sebagai bentuk ungkapan diri. Melisankan   pantun yang disajikan secara lisan dan tulis
151 Keterampilan V 2 4.5 Membuat   surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan   kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. Membuat   surat undangan dengan kalimat efektif dan ejaan yang tepat
152 Keterampilan V 2 4.5 Memaparkan   informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana,   kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif Memaparkan   informasi penting dari teks narasi sejarah
153 Keterampilan V 2 4.8 Menyajikan   kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang   terdapat pada teks fiksi Menyajikan   kembali peristiwa atau tindakan
154 Keterampilan V 2 4.9 Membuat   surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan   kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan Membuat   surat undangan dengan kalimat efektif
155 Pengetahuan VI 1 3.1 Menyimpulkan   informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. Menyimpulkan   informasi dari teks laporan hasil pengamatan.
156 Pengetahuan VI 1 3.1 Menyimpulkan   informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca Menyimpulkan   informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan
157 Pengetahuan VI 1 3.2 Menggali   isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca. Menggali   isi teks penjelasan ilmiah yang didengar dan dibaca
158 Pengetahuan VI 1 3.2 Menggali   isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca Menggali   isi teks penjelasan ilmiah yang didengar dan dibaca
159 Pengetahuan VI 1 3.3 Menggali   isi teks pidato yang didengar dan dibaca. Menggali   isi teks pidato yang didengar dan dibaca.
160 Pengetahuan VI 1 3.4 Menggali   informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,   siapa, mengapa, dan bagaimana Menggali   informasi penting dari buku sejarah
161 Pengetahuan VI 1 3.6 Mencermati   petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang   melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.) Mencermati   petunjuk dan isi teks formulir
162 Keterampilan VI 1 4.1 Menyajikan   simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau   wawancara yang diperkuat oleh bukti Menyajikan   simpulan dari teks laporan hasil pengamatan
163 Keterampilan VI 1 4.1 Menyajikan   simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau   wawancara yang diperkuat oleh bukti. Menyajikan   simpulan dari teks laporan hasil pengamatan
164 Keterampilan VI 1 4.2 Menyajikan   hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara   lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat   efektif. Menyajikan   hasil informasi dari teks penjelasan ilmiah
165 Keterampilan VI 1 4.2 Menyajikan   hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara   lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Menyajikan   hasil penggalian informasi dari teks penjelasan ilmiah
166 Keterampilan VI 1 4.3 Menyampaikan   pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat   efektif sebagai bentuk ungkapan diri. Menyampaikan   pidato dengan kosakata baku dan kalimat efektif
167 Keterampilan VI 1 4.4 Memaparkan   informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan   menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta   memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif Memaparkan   informasi penting dari buku sejarah
168 Keterampilan VI 1 4.6 Mengisi   teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui   bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya Mengisi   teks formulir sesuai petunjuk pengisiannya
169 Pengetahuan VI 2 3.10 Mengaitkan   peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi Mengaitkan   peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi
170 Pengetahuan VI 2 3.3 Menggali   isi teks pidato yang didengar dan dibaca Menggali   isi teks pidato yang didengar dan dibaca
171 Pengetahuan VI 2 3.4 Membandingkan   karakteristik teks puisi dan teks prosa. Membandingkan   karakteristik teks puisi dan teks prosa.
172 Pengetahuan VI 2 3.5 Membandingkan   karakteristik teks puisi dan teks prosa Membandingkan   karakteristik teks puisi dan teks prosa
173 Pengetahuan VI 2 3.5 Mencermati   petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang   melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.). Mencermati   petunjuk dan isi teks formulir.
174 Pengetahuan VI 2 3.6 Mengaitkan   peristiwa tokoh dalam cerita pengalaman pribadi. yang fiksi dialami dengan   pengalaman pribadi Mengaitkan   peristiwa tokoh dalam cerita pengalaman pribadi.
175 Pengetahuan VI 2 3.7 Memperkirakan   informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya   berdasarkan membaca judulnya saja) Memperkirakan   informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi
176 Pengetahuan VI 2 3.8 Menggali   informasi yang terdapat pada teks nonfiksi Menggali   informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
177 Pengetahuan VI 2 3.9 Menelusuri   tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi Menelusuri   tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis
178 Keterampilan VI 2 4.10 Menyajikan   hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan   pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual Menyajikan   hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh
179 Keterampilan VI 2 4.3 Menyampaikan   pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat   efektif sebagai bentuk ungkapan diri Menyampaikan   pidato hasil karya pribadi
180 Keterampilan VI 2 4.4 Mengubah   teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks   puisi. Mengubah   teks puisi ke dalam teks prosa secara bermakna
181 Keterampilan VI 2 4.5 Mengisi   teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui   bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya. Mengisi   teks formulir sesuai petunjuk pengisiannya.
182 Keterampilan VI 2 4.5 Mengubah   teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks   puisi Mengubah   teks puisi ke dalam teks prosa
183 Keterampilan VI 2 4.6 Menyajikan   hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan   pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual. Menyajikan   hasil pengaitan peristiwa tokoh dengan pengalaman pribadi
184 Keterampilan VI 2 4.7 Menyampaikan   kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi   secara lisan, tulis, dan visual Menyampaikan   kemungkinan informasi yang diperoleh
185 Keterampilan VI 2 4.8 Menyampaikan   hasil membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi yang diperoleh   setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual Menyampaikan   hasil membandingkan informasi yang diharapkan
186 Keterampilan VI 2 4.9 Menyampaikan   penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam   teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual Menyampaikan   penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar